THE CIVIL AGONY - Fourteen Years Ago

THE CIVIL AGONY - Fourteen Years Ago | Kaset
(2016 Gutterhell Records/Terror Punk Records)
Judul album yang menunjukkan eksistensi mereka semenjak berdiri pada tahun 1999 ini direkam pada tahun 2014 di studio legendaris bagi anak-anak Hc/Punk Jakarta dan sekitarnya khususnya, yaitu K-Studio, untuk soal sound yang dihasilkan tentu sudah tidak asing lagi bagi yang pernah mendengarkan band-band lain yang rekaman di studio tersebut.
Walaupun direkam pada tahun 2014 tapi materi ini baru dirilis pada tahun 2016, 2 tahun bersela, dan album ini dirilis oleh 2 label sekaligus. Sebenarnya The Civil Agony pernah merilis full album sebelumnya dalam bentuk kaset juga, tapi hanya album "Fourteen Years Ago" yang bisa saya review untuk saat ini. Materi album "Fourteen years Ago" ini menurut pendengaran kuping saya memainkan konsep musik Street/Pogo/Punk, konsep musik yang sudah mulai jarang dimainkan oleh band-band Punk lokal beberapa tahun belakangan ini, kecuali mereka band-band yang sudah lama memainkan jenis musik ini yang masih tetap bertahan, jarang bukan berarti tidak ada, ada tapi tidak banyak.
Untuk menggambarkan atau membayangkan bagaimana musik di album ini tidak usah jauh-jauh membandingkan dengan band-band luar negeri, karena justru sekilas musik mereka mengingatkan saya pada band lokal pengusung jenis musik serupa, yaitu Sexy Pig. Tapi tentu saja The Civil Agony memiliki ciri khas sendiri dan berbeda sebagai band. Riff-riff gitar yang cathcy dan beberapa part anthem yang asik buat pogo dibarengi dengan dua karakter vokal yang berbeda, scream and anger voice yang bersahut-sahutan.
Lirik seputar sosial politik, dan ada satu lagu berjudul "Together Untill Die" yang temanya tentang bagaimana menghabiskan waktu bersenang-senang bersama kawan-kawan dengan cara mereka sendiri (minum-minum tentunya, hehehe). Yang menarik adalah track 8 sebagai lagu penutup album ini adalah cover song dari band legendaris asal Liverpool yaitu The Beatles yang berjudul "Yesterday" yang dibawakan ala The Civil Agony.
Cover di tata sangat apik lengkap dengan lirik, credits tittle, dan thanks list, halaman depan cover dihiasi dengan background kolase foto-foto mereka, artwork sampul depan lumayan menarik, gambar kartun full color, materi lagu Side A side B diputar sama sisi alias playing on both side.

*Kaset ini bisa didapatkan disini.

0 comments:

Post a Comment

Triple D Records & Distribution

Copyright 2013 - 2016. Triple D Records & Distribution. Powered by Blogger.